1. Fase Perkenalan
2. Fase Pertumbuhan
3. Fase Kedewasaan.
4. Fase Kemunduran.
Kesemua fase ini kadang tidak dilalui. Setiap produk kadang memiliki fase yang berbeda.
1. Fase perkenalan
Pada masa ini pasar belum bisa merespon dan biaya promosi tinggi. Ada beberapa strategi pemasaran dalam masa ini :
PROMOSI
Tinggi rendah
RSS
SSS
tinggi
SPS
RPSHARGA
rendah
Ø Rapid Skimming Strategy (RSS) merayap cepat. Promosi tinggi harga tinggi.
Ø Slow Skimming Strategy (SSS) merayap lambat. Promosi rendah harga tinggi.
Ø Rapid Penetration Strategy (RPS). Promosi tinggi harga rendah.
Ø Slow Penetration Strategy (SPS). Promosi rendah harga rendah.
Pada masa perkenalan ada penyuka awal.
2. Fase pertumbuhan
Persaingan mulai masuk. Peluang dimanfaatkan pihak lain yang melihat ada keuntungan memproduksi produk sejenis. Contohnya air minum kemasan aqua.
Promosi pada masa ini bertujuan untuk membangun citra merk dan meyakinkan konsumen.
Jalur distribusi lebih ramai. Penurunan harga menjadi salah satu strategi.
3. Fase Kematangan / dewasa.
Pada masa ini perusahaan mendapat untung tapi stagnan. Tidak ada saluran distribusi baru. Keadaan stabil tapi tidak ada pembeli potensial baru.
Strategi berubah dengan mengubah non – user. Masuk segmen baru / perluasan. Contohnya Koran kompas bacaannya menjadi lebih ringan dan banyak gambar.
Bisa juga menyerang produk dibawahnya dan meningkatkan volume penjualan. Modifikasi produk dengan memperbarui fitur atau memberikan potongan harga.
4. Fase Kemunduran
Indikasi pada masa ini dengan penurunan penjualan dan bisa mundur dari pasar. Strategi yang dijalankan berupa kapasitas produksi dikurangi. Memotong anggaran dan mengidentifikasi produk yang lemah.
Merek sebagai personifikasi produk memiliki peran yang penting untuk dapat menjaga usia produk selama mungkin dengan tetap dapat menjaga kepuasan konsumennya. Dengan kata lain meskipun usia merek telah tua tetapi produknya tetap dapat menjaga kepuasan konsumennya.
Banyak merek-merek tua yang masih berjaya dan tetap eksis dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Kita dapat sebutkan beberapa contoh dari merek lokal untuk kategori produk jamu kita kenal Jamu Nyonya Meneer dengan usia sekitar 87 tahun, kategori asuransi ada AJB Bumi Putera yang sudah berusia di atas 90 tahun, kategori rokok merek Dji Sam Soejuga sudah berumur di atas 90 tahun. Contoh merek internasional yang sampai sekarang masih kita kenal karena tetap eksis adalah merek minuman Coca Cola, Pepsi dan Sprite.
Untuk menjalankan strategi bisnis yang tepat khususnya mempertahankan merek produknya agar tetap menjadi Power Brand. Faktor emosional konsumen memiliki pengaruh yang kuat untuk menjadikan merek-merek yang sudah berusia tua tetap dapat disukai oleh konsumennya secara turun temurun. Persepsi positif konsumen terhadap kualitas dan consumer value yang diperolehnya akan membuat konsumen menjadi media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan merek produk tersebut pada lingkungannya bahkan generasinya.
Salah satu hal yang menjadi kunci agar produk tetap memiliki tempat di harti konsumen adalah dengan terus melakukan inovasi dan menepati janji sesuai dengan yang ditawarkan dari produk tersebut.
Sumber : www.serulink.com
Dalam pidato kemenangannya Obama akan mengatakan akan menjadi presiden seluruh warga AS dari berbagai latar belakang. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan tim kampanye. Tak lupa juga kepada Mccain. Obama juga memuji Mccain sebagai sosok yang setia kepada negara dan pemberani. Sementara Mccain dengan jiwa besar mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Obama atas terpilihnya dia sebagai Presiden Amerika. Mccain juga menyerukan kepada seluruh pendukungnya agar tidak terpecah belah dan sama – sama membangun Amerika.
Suatu pertarungan yang elegan. Tidak ada rasa dendam antara kedua belah pihak. Semua saling mendukung dan berjiwa besar. Tampak kematangan dari kedua kandidat dan ini merupakan salah satu buah demokrasi yang manis, berwibawa dan dewasa.
Semoga pemilu AS menjadi cerminan kita bagaiman carnya berdemokrasi. Jangan sampi ”gontok – gontokam” massa anatar pendukung terjadi berulang – ulang. Pihak yang kalah mau mengaku kalah. Pihak yang menang tidak sombong. Itulah yang harus kita lakukan.
Kita mulai dehh.. beres2 n ngerapiin tenda, patok, ama besi2nya yang berantakan kayak jeroan ayam yang bececeran karena ditembak langsung dari mulut (lebaiii ya he2).
Abis ngeberesin dengan tenaga cuman 3-4 orang, kita berpikir ting.. ting... masak ngangkat ini semua cuman ber4. Wahh... bisa2 ini badan kayak ade rai nihh.. setelah diempa fitness di csc, ditempa pula di kampus he22... Ternyata ee... ternyata emang bener kita ber4 akhirnya ngangkatin 4 tenda barak yang segede doblinngg.. ditambah patoknya, ditambah besinya yang banyakk... wahhaa2.... ampuunn dahh... Akhirnya pun sang pekatik niko datang alhamdulillah tambah satu.
Hujan turun cuuyy.. air yang turun menambah suasana dramatik n romantik saat para kulier2 dengan ototnya yang kayak cacing mencoba sekuat tenaga mengangkat itu tenda uuwwwaahhh... aku mau nyanyi... Kita bukan supermen ahaa.. ahaa... (walaupun FSku aku jd superboy he2)
Satu persatu barang masuk mbl. Akhirnya selesai juga. jam menunjukan pukul 1/2 1. Estimasi ane ye... entar kelar jam 1/2 2 masih sempet main futsal he22... Abis itu kita berangkat. Ujan masih aj menemani kita. First destination adalah SMA Mersudi Luhur. Kita cuman ber3 cuuyy.. Si Niko nyasar entah dimana. Angkat beban pakek besi dan tenda adalah menu kita hari ini. Waahhh,... makin potok aj nihh.. Boreeekkk... dong.
Abis selesai gantian ke SMK Mersudi Luhur. Masih ngangkat lagi cuuyy.. untungnya niko akhirnya datang.
HP punya ane berdering. Ternyata dari enyakk.. enyakk marah2 lg kenapa itu mobil belum pulang (yg punya udah nyariinn) aaaa...... makin g karuan, lngsnglah aku pamit dan tancap gas. Maaf teman2, aku cuman bisa bntu sampai situ. Kutancap gas dengan maksud melarikan diri eehh... mulangin mbl mksdnya.
Ampe kntr Pak Budi yg pny mbl (bkn Budi Anduk) udah nungguin. Kl blh aku sujud, aku akan sujud untuk minta maaf heii.. lebai lagi. Maaf Pak, Aku telah merepotkanmu. Malu2 dehh.. demi temen2,CSC n PKK aku rela minjem berkali2 dan tertunduk malu he2.
Ketemu mas danang ex kmnks yg skrng kerja sekantor ama enyak... ngobrol bentar. Dibilangin kotor n bau lagi. Tapi emang bener he22... pada saat kejadian emang walpaperku acak adut dan baunya g jelas campuran antara keringat, air hujan, karat dan tanah.
Wahh.. mbah darmoo2... mana anak buahmu. Masak nyelesaiin barang segitu banyaknya cuman kita ber4. Perkapnya cuman km lg.
Jam menunjukkan pukul 3. Aaaa..... aku belum sholat, perut laper blm mkn dr pg, futsal udah telat, ujan lagii, disuruh ambil tesis ama enyak g keburu... Ya Allah... apa2an ini aku.... Bener2 not my day...
Pkknya aku berjanji minggu ini hrs futsal he22.... dasar gilaaa.. Pkknya buat Mbah Darmo, Yonas, Niko, Mbah Darmo 2, kita metaalll he22.. Menyelesaikan semuanya cuman ber4 - 5. Mbah lain kali jngn nyiksa kita dengan romusha seperti ini ya... Tp it's OK nyante aja. Yang pntng kerjaan beress.. OK Cukup sudah curhatkuuu... cciiiaauu..
Visi dan Misi ya..ya.. kata ini sering kita denger waktu ada pemilihan Presiden, Gubernur, ketua dalam suatu organisasi, atau dalam sebuah organisasi itu sendiri. kalau mau di artikan satu – satu, visi adalah suatu impian atau harapan jangka panjang yang menjadi tujuan sebuah organisasi atau perorangan. Kalau misi adalah sesuatu yang lebih real atau kongkret daripada misi atau langkah yang harus dilakukan agar visi dapat tercapai dan melihat apa kekuatan yang kita miliki agar misi tercapai.
Ha22…. Ya.. ya... emang biasanya visi dan misi itu agak belibet n seringnya terlihat muluk – muluk. Tapi tunggu dulu coyy.. jangan anggap remeh visi dan misi. Visi dan misi itu adalah pijakan kita saat kita melangkah. Visi dan misi itu kita gunakan sebagai pegangan kita agar kita on the track. Sebagai contoh nihh.. yang udah berhasil yaitu perusahaan Sony yang dari Jepang pada tahun 1950 merupakan perusahaan kecil yang memiliki visi lima puluh tahun dari sekarang “Made in Japan” akan menjadi sesuatu yang berarti, sesuatu yang bagus dan berkualitas. Pada tahun tersebut, rasanya tidak mungkin. Karena Jepang baru diluluh lantahkan oleh kejadian Bom Atom di Hirosima dan Nagasaki. Tapi cooyy... (kayak Budi anduk he2..) gak butuh waktu lima puluh tahun untuk mewujudkan impian tersebut. Pada tahun 1990 Sony udah menjadi produk yang mendunia cepp.. cepp.. keren gak tuh.. tuhh.. kan keren he2...
Kalu kita ibaratkan visi itu mimpi menn... misi itu apa yang harus kita lakukan dan strategi adalah langkah nyata yang kita lakukan dalam bentuk program. Kata orang bijak, semua hal itu berawal dari mimpi. Siapa sangka Indonesia akhirnya merdeka setelah bertahun – tahun dijajah dan itu berawal dari mimpi para pendahulu kita cuyy... Visi dan Misi boleh panjang atau pendek yang penting visa ehh.. salah kan, visi maksudnya itu bisa mengena hati setiap insan atau orang yang akan menjalankannya.
Thomas Carlyle bilang kalau seseorang dengan tujuan jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan sulit. Seseorang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada dalam jalan mulus. Nahh.. entu salah satu kekuatan mimpi atau visi yang diungkapin orang bijak tadi. Orang tanpa tujuan mah.. pasti sulit maju. Orang dia bingung ama diri dia dan apa yang akan dia lakukan ya gak.. Tapi, sebagus – bagusnya visi atau misi tanpa perencanaan atau management dan organisasi yang baik sama aja lhoo.. ampe lebaran kebo juga gak bakalan terweujud he2.. Jadi, diantara visi, misi dan management harus berjalan secara sinergis dan beriringan. Terakhir nihh.. marilah bermimpi setinggi langit walaupun kita rasa gak mungkin. Karena dari situ awal keberhasilan kita raih oke...
Sumber : www.berandanet.com
D.Manggala
ha22.. semester 5 coyy... nih keelihatannya n katanya bakal sibuk. Praktikum jurnalistiknya ada 3 (cetak, radio, ama tv). Walaupun bakal sibuk tapi enjoy coyy.. Ini yang kita nanti - nanti. Terjun langsung ke lapangan. Kita juga nanti nyobain lab audio visual yang cukup keren hee22... asyik - asyik. TEtep semangat.. teman2 semoga kalian menjadi para jurnalis yang baek dan berkualitas. Kata siapa mau jadi jurnalis. Orang mau jadi artis kok he22..