PEMILU YANG ELEGAN

Akhirnya Barack Husein Obama Memenangkan Pemilu Amerika. Obama menjadi presiden ke 44 amerika dan menjadi Presiden kulit hitam pertama di amerika. Barack Obama meraih 349 Electoral Votes dan 52 % suara untuk popular votes dan menang di lebih dari 28 negara bagian. Sedangkan Jhon Mccain hanya meraih 148 Electoral Votes dan 46% suara untuk popular votes.
Dalam pidato kemenangannya Obama akan mengatakan akan menjadi presiden seluruh warga AS dari berbagai latar belakang. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga dan tim kampanye. Tak lupa juga kepada Mccain. Obama juga memuji Mccain sebagai sosok yang setia kepada negara dan pemberani. Sementara Mccain dengan jiwa besar mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Obama atas terpilihnya dia sebagai Presiden Amerika. Mccain juga menyerukan kepada seluruh pendukungnya agar tidak terpecah belah dan sama – sama membangun Amerika.
Suatu pertarungan yang elegan. Tidak ada rasa dendam antara kedua belah pihak. Semua saling mendukung dan berjiwa besar. Tampak kematangan dari kedua kandidat dan ini merupakan salah satu buah demokrasi yang manis, berwibawa dan dewasa.
Semoga pemilu AS menjadi cerminan kita bagaiman carnya berdemokrasi. Jangan sampi ”gontok – gontokam” massa anatar pendukung terjadi berulang – ulang. Pihak yang kalah mau mengaku kalah. Pihak yang menang tidak sombong. Itulah yang harus kita lakukan.

0 Response to "PEMILU YANG ELEGAN"